Bupati Sanggau Tutup Festival Budaya Paradje

oleh
Bupati Bersama Artis Pantura Saat Menghibur Masyarakat Sanggau Pada Acara Penutupan Festival Budaya Paradje' IX di Keraton Surya Negara Sanggau.

Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi mengaku sangat bersyukur atas terselenggaranya festival budaya IX oleh Keraton Surya Negara.

Dimana agenda yang paling ditunggu dalam paradje yang tak lain adalah doa untuk membersih negeri dari ancaman dan bahaya yang bisa menganggu keharmonisan dan keberagaman masyarakat di Kabupaten Sanggau. Bupati juga mengajak agar tradisi – tradisi yang bernuansa budaya tetap dipertahankan.

“Contohnya berpantun, bahasa yang ada di dalamnya mengandung makna yang mendalam,” kata Bupati dalam sambutannya sebelum menutup festival budaya Paradje IX di halaman Keraton Surya Negara, Sabtu (9/9) malam.

Bupati juga menyampaikan keinginannya untuk menjadikan Kantu’ Binua Istana disingkat Kabana yang berada di dalam lingkungan Keraton Surya Negara untuk dikembangkan menjadi objek wisata andalan mengingat di keraton ada situs bersejarah, seperti keraton surya negara, masjid Jami yang menjadi saksi berdirinya Sanggau dan lain sebagainya.

“Kampung ini ingin kita perkuat wisatanya. Kita ingin daerah ini betul-betul identik dengan melayu, sementara kita sepakat wilayah ini namanya Kabana walaupun masih silang pendapat, saya minta ini di diskusikan, mengapa, kalau di Sentana sana bisa khasnya macam-macam tapi disini harus khas melayu, karena banya peninggalan sejarah disini,” kata dia.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, orang nomor satu di Sanggau itu berharap dukungan Pangeran Ratu Surya Negara beserta seluruh masyarakat Sanggau.

“Saya ingin melihat setiap malam minggu ada kontes atau kesenian khas melayu yang ditampilkan di sini sehingga orang mau datang ke sini,” harapnya.

Bupati menambahkan, jika Kabupaten Sanggau tidak diolah menjadi kota jasa atau kota wisata, dikhawatirkan Sanggau akan jadi Kota mati.

“Kita mau bagaimana orang di Desa tidak lagi pergi ke Pontianak, ke Singkawang atau ke Sekadau, karena kita sudah punya tempat wisata yang mereka cari selama ini, inilah yang coba Pemerintah pikirkan bagaimana Sanggau ini ke depan semakin ramai,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Budaya Paradje IX Sanggau, H. John Hendri berterimakasih kepada Pemerintah Daerah yang telah mensuport secara penuh acara ini sehingga bisa terlaksana dengan sukses. Ke depan, Ia berharap kegiatan ini semakin baik dan mampu mengangkat budaya melayu yang belum terangkat. (Indra)