Antisipasi Bencana, BAZNAS Sanggau Koordinasi Dengan BPBD

oleh
Ketua BAZNAS Sanggau, H. Sjamsul Haidir

Sanggau – Menghadapi tingginya curah hujan di Kabupaten Sanggau yang berpotensi menimbulkan bencana, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sanggau melakukan berbagai langkah antisipasi bencana. Diantaranya menyiapkan tim Baznas Tanggap Bencana (BTB).

“Beberapa petugas BTB sudah kita kirim untuk mengikuti pelatihan di Pontianak,” kata Ketua BAZNAS Sanggau, H. Sjamsul Haidir kepada wartawan, Minggu, (10/9).

Tidak hanya itu, BAZNAS juga mengaku siap berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama menanggulangi bencana.

“Inikan bentuk kerjasama kita, sebab BTB sudah dibentuk di tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten, tentu nanti kita koordinasikan juga dengan BPBD Sanggau, karena misi kita sama,” kata Sjamsul.

Disinggung terkait kesiapan anggaran, dia menjelaskan akan memutuskan setelah rapat bersama pimpinan lainnya.

“Anggarannya ada, bisa kita siapkan, nominalnya tentu setelah kita diskusikan dengan pimpinan yang lain,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, dia juga menjelaskan penyaluran dana zakat bulan Agustus 2017 diantaranya, membantu biaya persalinan atasnama Bergairah sebesar Rp1.678.377, biaya berobat Ibu Marlina Rp500.000, beasiswa untuk tiga orang Rp13.000.000, program bedah rumah untuk empat keluarga kategori miskin masing-masing mendapatkan Rp15.000.000 per rumah.

“Zakat para Muzakki, kita manfaatkan betul untuk membantu sesama, termasuk untuk penanganan bencana,” pungkasnya. (Indra)