Anggaran Rp19,5 M Digunakan 12 Item Pekerjaan Pembangunan Bandara

oleh
Kegiatan pembangunan fasilitas Bandara H. Muhammad Sidik Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, beberapa hari lalu

Muara Teweh – Guna percepatan penyelesaian pembangunan bandara H. Muhammad Sidik, yang berada Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Utara, telah menambah sejumlah fasilitas pendukung.

“Fasilitas pendukung tersebut terdiri dari beberapa item kegiatan yang sudah dikerjakan oleh rekanan memalui proses pelelangan secara terbuka,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Barut, Iwan Fikri, Minggu (10/9).

Menurutnya, kegiatan tersebut, meliputi pengawasan pekerjaan pembangunan Rp383 juta, kemudian penataan gedung terminal Rp4,588 miliar, pembuatan GSE Road, dan penataan area parkir depan terminal atau landscape area terminal Rp4,211 miliar.

Selanjutnya, kata dia, pengadaan dan pemasangan penangkal petir terintegrasi Rp600 juta, pengadaan dan pemasangan ground cale dari gedung PH ke gedung operasional Rp900 juta. Kemudian pengadaan dan pemasangan flood light tiang ganda Rp250 juta.

Selain itu, juga ada pengadaan dan pemasangan AC untuk gedung kantor dan gedung opersional Rp295 juta, pengadaaan dan pemasangan sirine lima PK termasuk kelengkapannya sebesar Rp200 juta.

Iwan Fikri menjelaskan, untuk pengadaan mobil tangki air berkapasitas 10 ribu liter, juga telah dikerjaan dengan nilai pagu Rp800 juta. Kemudian lagi pengadaan hand mower Rp45 juta. Pekerjaan grubbing area fasilitas sisi darat sebesar Rp520 dan pengadaan serta pemasangan pagar pengaman bandaa sebesar kurang lebih Rp6,677 miliar.

Dengan selesainya seluruh kegiatan ini, nantinya tahun 2018 kembali akan dianggarkan oleh Kementerian Perhubungan melalui Dirjen Perhubungan Udara lebih kurang Rp60 miliar.

“Untuk dana ini, nantinya akan dipakai tahun depan, dimana untuk menambah pengaspalan landasan pacu dan sejumlah fasilitas yang masih mengalami kekurangan,” pungkasnya. (Bani)