Salah Satu Kecamatan di Kubu Raya Ini Angka Penderita TBC dan DBD Tinggi

oleh
Kubu Raya – Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya merupakan wilayah tertinggi angka terjadinya kasus penyakit TBC dan Demam berdarah.

Beberapa faktor menyebabkan tingginya potensi terjadinya penyebaran kedua penyakit tersebut.

Daniel, Kasi Pemberantasan penyakit dan wabah Dinkes Kubu Raya mengatakan bahwa tingginya kasus penyakit TBC dan demam berdarah di wilayah Kecamatan Sungai dikarenakan beberapa faktor yang cukup berpotensi terjadinya penyebaran penyakit-penyakit tersebut di masyarakat.

“Jumlah penduduk yang cukup padat di Kecamatan Sungai Raya, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan serta berbatasannya Kecamatan Sungai Raya dengan Wilayah Kota Pontianak, juga menjadi penyebab dari tingginya angka penyebaran penyakit TBC dan Demam berdarah di Wilayah Sungai raya ini, pasalnya mobilisasi warga yang berbatasan itu juga berpotensi sangat riskannya penyebaran penyakit yang ada tersebut, faktor-faktor inilah yang menjadi penyebab tingginya kasus penyakit TBC dan Demam berdarah di Wilayah Sungai Raya dibandingkan dengann kecamatan lainnya,” papar Daniel,  Sabtu (9/9).

Dari hasil pemantauan di lapangan, beberapa kasus penyebaran penyakit yang ada ini, dipicu minimnya rasa kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan, tidak banyak masyarakat yang tidak cepat tanggap dalam merespon bila ada gejala-gejala penyakit yang terjangkit di tempat mereka, setelah cukup parah baru ada laporan sehingga hal menjadi kendala dalam mendeteksi penyebaran penyakit yang ada, khususnya pada penyakit-penyakit yang dapat menular.

“Kita selalu menyosialisasikan serta memberikan berbagai pemahaman mengenai penyakit dan dampaknya dengan harapan hal itu dapat dideteksi penyebarannya,” ujar Daniel.

Selain itu Daniel juga berharap kepada Instansi lainnya untuk dapat bekerjasama dalam hal ini, sehingga penyebaran penyakit dan dampak yang di timbulkan dapat di pantau secara bersama-sama.

“Tidak mungkin Dinas Kesehatan bekerja sendiri dalam hal ini, perlu kerjasama dan dukungan dari stake holder yang ada di Kabupaten Kubu Raya ini,” pungkas Daniel. (fsl)