Desa Nelayan Ini Disulap Menjadi Kampung Pelangi

oleh
Foto: Salahsatu warga saat mengecat rumah yang dijadikan wisata Kampung pelangi/Yhoz

Kotabaru – Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan memiliki destinasi wisata kampung pelangi.

Salah satu area tepat berada di pinggir laut yang tadinya biasa saja seperti halnya permukiman nelayan pesisir kini disulap dengan cat warna warni yang menambah kesan indah yang diharapkan kedepan mampu menjadi salah satu alternatif tujuan wisata.

Gagasan tersebut diprakarsai oleh perusahaan produsen semen Tiga Roda yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Plant Tarjun. Momentum hari jadinya perusahaan semen tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Desa mempercantik 19 unit rumah penduduk.

Feriansyah, salah satu warga mengatakan dengan adanya program tersebut dapat merubah permukiman warga menjadi lebih indah dan tujuan wisata masyarakat.

“Alhamdulillah, Indocement sangat begitu perhatian kepada masyarakat dan ini juga untuk meningkatkan wilayah Desa Tarjun dan dengan adanya Indocement jelas kemajuan kampung terlihat sangat baik sekali,” ujarnya.

Sementara ketua RT setempat, M Yani mengungkapkan, jika permukiman warga itu bisa menjadi ikon tujuan wisata khususnya bagi warga lokal.

“Terimakasih kepada Indocement, kampung kami menjadi indah dan diharapkan bukan hanya mendatangkan wisatawan dari lokal saja melainkan dari luar pun bisa datang ke kampung kami ini,” cetusnya bangga.

Sementara, Kepala Desa Tarjun, Sahrani menyampaikan, ia mewakili Pemerintah Desa menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Indocement dan juga memfasilitasi ide perusahaan untuk bisa membuat kampung pelangi.

“Memang harus kita akui di Desa Tarjun sendiri untuk ikon wisata hampir bisa dikatakan tidak ada tentunya dengan adanya kampung pelangi seperti ini diharapkan mampu ikon pada kampung pesisir ini utamanya dalam pengembangan sektor ke pariwisataan,” katanya.

Disamping itu, sambungnya lagi, program seperti ini diharapkan terus akan berkelanjutan dan melalui support awal dari Indocement menjadi harapan yang baik bagi kemajuan kampung khususnya di Desa Tarjun.

“Dengan adanya ide ini akan menjadi awal untuk terus mengembangkan wisata, dan ini tentunya juga berkaitan dengan visi misi Bupati yang salah satunya adalah wisata,” jelasnya.

Manajemen ITP selaku Safety Security Environment Coporate Social Responsibility (SSECSR) H Teguh Iman Basoeki memaparkan, ini merupakan kegiatan dalam rangkaian HUT Indocement ke-42 yang intinya bukan hanya melaksanakan sebuah kegiatan yang hanya bersifat kemeriahan saja melainkan mampu merangkul sebanyak-banyaknya aktifitas masyarakat yang kali ini dipusatkan di Desa Tarjun.

“Sebagaimana temanya Forever Together, yang intinya adalah kehadiran Indocement ditengah masyarakat selalu memberikan keharmonisan, manfaat dan terasa. Khusus sekarang kami mencita-citakan kampung ini menjadi rumah pelangi. Disamping itu, untuk menggandeng masyarakat agar peduli lingkungan dan bisa menciptakan kreasi lokal serta mampu memunculkan potensi lokal sebagaimana yang diharapkan oleh Bupati Kotabaru terkait dengan kepariwisataan,” paparnya.

Ia berharap dengan bisa mengangkat potensi lokal kedepan Tarjun akan menarik minat masyarakat dan menjadi salah satu alternatif tujuan wisatawan. Prinsipnya, pihak perusahaan mencoba bersinergi bersama masyarakat dan dalam rangka membangun kesadaran baik lingkungan serta mampu mengangkat potensi lokal yang bernilai jual untuk kemajuan bersama.

“Sebuah kampung pesisir yang dilalui banyak kapal akan memberikan warna lebih menarik ketika ditata menjadi lebih bagus. Ide ini melihat dari daerah lain yang sangat positif untuk di tiru, dan Indocement memberikan wawasan baru bahwa ada sesuatu yang bisa dijual dari sumber daya lokal,” tambahnya.

Pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan potensi lokal seperti halnya Desa Tarjun dengan kampung pelangi, dan desa lainnya dengan berbagai potesi lokal lainnya.

“Kalau ini menjadi sebuah kampung pelangi, menjadi harapan bersama Pemerintah Daerah Kotabaru bisa ikut mempromosikan kawasan ini untuk menambah daftar tujuan wisata. satu hal yang terpenting adalah kami berharap hubungan yang sudah terjalin dengan baik ini mudah-mudahan terus terjaga dan juga perusahaan terus bisa beroperasi untuk kebersamaan membangun kemajuan,” tutupnya. (yhoz)