Pemkab Gunung Mas Tekankan Pentingnya Keamanan Informasi

oleh
Foto: Asisten III Setda Yohanes Tuah saat memberikan sambutan kepada seluruh undangan. Keamanan Informasi Perlu Dipertebal
Gunung Mas – Keamanan informasi menjadi aspek penting dalam birokrasi, karena bocornya informasi akan berpengaruh terhadap kinerja birokrasi.
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Gunung Mas (Gumas) Arton S Dohong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setda  Yohanes Tuah saat membuka sosialisasi urgensi kesadaran keamanan informasi dan pemanfaatan layanan persandian bagi jajaran pimpinan dan pengelola informasi daerah di Aula BP3D Gumas, Kamis (7/9).
Ia mengatakan, informasi yang benar dan tepat bisa menjadi wujud transparansi dan mendorong kinerja birokrasi lebih efektif
Selain itu informasi mempunyai peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun masalah keamanan informasi menjadi kurang mendapat perhatian dari para pemilik dan pengelola informasi.
“Sering kali keamanan informasi dikurangi bahkan dihilangkan karena dianggap tidak terlalu penting dan mengganggu kinerja sistem,” ungkapnya.
Apalagi, kondisi seperti itu yang dapat memicu terjadinya kebocoran informasi sehingga dapat dimanfaatkan serta dipergunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.
Contohnya, adalah kasus penyerangan hacker terhadap situs-situs website milik pemerintah yang berdampak pada kerusakan dan hilangnya data, munculnya berita hoax, penyebaran ajaran kebencian dan bocornya informasi rahasia yang berakibat fatal bagi stabilitas keamanan negara atau pemerintah.
“Upaya pengamanan informasi tidak hanya sebatas penggunaan teknologi, namun lebih kepada kesadaran yang dimiliki oleh sumber daya manusia,” ucapnya.
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi wawasan dan pengetahuan tentang teknologi informasi komunikasi.
“Serta meningkatkan kesadaran yang lebih terhadap pentingnya pemananan informasi dan pemanfaatan layanan persandia di pemerintah,” tandasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persadian (Diskominfo SP) Gumas, Dihel menjelaskan bahwa pada kegiatan ini pihaknya mengundang 100 peserta dari seluruh perangkat daerah serta ASN pada Diskominfo SP Gumas.
“Narasumber berasal dari Lembaga Sandi Negara pusat yakni Prabaswari, dan Lilla Kholila,” pungkasnya. (ola)