Kejari Kapuas Berikan Pendampingan SOPD Tangani Proyek Pemerintah

oleh
Foto: Kasi Pidsus Kejari Kapuas, Adrianto
Kapuas – Kejaksaan Negeri Kapuas melakukan pendampingan proyek pada sejumlah Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas.
Kegiatan ini merupakan implementasi Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan Daerah (TP4D) yang sudah dibentuk beberapa waktu lalu.
Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Kapuas, Andeianto Budi Santoso mengatakan bahwa dalam TP4D ada strategi edukasi dan pencegahan.
Kejaksaan melalui bidang intelijennya mampu memberikan penerangan hukum dan penyuluhan hukum, berupa bimbingan kepada SOPD dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi penggunaan anggaran.
Selain itu tambah Andrianto intelijen kejaksaan juga mampu memberikan perlindungan terhadap kepala SOPD dan kepada oknum-oknum yang inhin menekan atau memeras kepala SOPD.
Selain itu TP4D juga dapat menjalankan setrategi perlindungan hukum melalui bidang perdata dan tata usaha negara (datun). Dalam hal ini kejaksaan bisa dan mampu memberikan pendapat atau pendampingan hukum kepada pata kepala SOPD.
“Sehingga setiap kegiatan yang menggunakan Anggaran pada masing-masing SOPD tidak perlu khawatir akibat hukum dari suatu pekerjaan yang dilakukan karena jaksa negara akan hadir apabila diketahui ada potensi pelanggran hukum yang akan terjadi,” papar Andrianto.
Bidang pidana khusus (pidsus) sambungnya, TP4D dapat berperan memberikan pencegahan dan sekaligus melakukan penindakan apabila ada oknum kepala SOPD yang memiliki mental  korupsi.
“Mesin pidsus kejaksaan akan  berjalan untuk menegakan hukum dan keadilan serta mengembalikan potensinkerugian keuangan negara,” ucap Andrianto.
Saat ini ada 5 SOPD yang sedang dilakukan prndampingan yaitu Dinas Transmigrasi, Kesehatan, Rumah Sakit dan Dinas Pèkerjaan Umum. (Nad)