Cukup Bayar 750 Ribu, Warga Kotabaru Bisa Nikmati Air Bersih

oleh
Foto: Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah

Kotabaru – PDAM Kotabaru, Kalimantan Selatan menjalankan program pemasangan instalasi air bersih dengan harga murah pada September 2017.

“Hanya membayar Rp750 ribu saja air bersih bisa mengalir ke rumah penduduk. Dibandingkan dari pemasangan normalnya sekitar Rp 2,5 – 3 juta,” terang Direktur PDAM Kotabaru Noor Ipansyah, Jumat (7/9).

Adanya program itu, disambut baik oleh kmasyarakat Kabupaten Kotabaru khususnya bagi mereka yang belum sama sekali menikmati air bersih dari PDAM, dan dengan biaya murah diharapkan target pemasangan kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) mampu terpenuhi sebagaimana harapan bersama.

Program tersebut adalah hibah air minum yang di khususkan kepada MBR dan untuk di Kabupaten Kotabaru mendapatkan porsi sebanyak 2.000 sambungan rumah yang tersebar di 5 Kecamatan.

“Hal itu dalam rangka perluasan cakupan pelayanan air bersih bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah agar ada pemerataan dan kalau dibandingkan biaya pemasangan normalnya maka akan sangat jauh angka nominalnya. Dari target 2.000 pemasangan sendiri kami dari PDAM berinisiatif menambah sebanyak 50 pemasang lainnya sehingga totalnya 2.050,” jelasnya.

Sementara, untuk harga yang sudah ditetapkan langsung PDAM karena besaran nominal tergantung dari kondisi PDAM yang berada di daerah. Sedangkan Pemerintah Pusat sama sekali tidak menentukan angka pemasangan namun hanya mewanti-wanti tidak boleh melebihi dari biaya pemasangan regular.

“Sebagaimana jadwalnya sendiri akan selesai pada akhir bulan September 2017 ini dan diharapkan kepada masyarakat untuk bisa melakukan pemasangan dengan keringanan biaya dari pemerintah untuk pemenuhan air bersih di tengah-tengah masyarakat,” harap Ifan menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Khairullah Ramadhan selaku pelaksana PDAM Kotabaru menyampaikan, selain Kecamatan Pulau Laut Utara sebagaimana data yang masuk pertanggal 4 September 2017 sudah terealisasi sebanyak 483 dari target awal 1.111, pada IKK Serongga terpasang sebanyak 88 dari target sebesar 366, IKK Bakau sudah terpasang 24 dari target 24 pemasang, IKK Sengayam sekitar 115 dari target 193 dan  terakhir adalah IKK Sungai Durian yang sudah terpasang sekitar 301 dari target awalnya 361.

“Jadi, total yang sudah terealisasi sampai tanggal 4 September 2017 kemarin dari target sebanyak 2.055 yakni 1.011 pemasangan artinya sudah 50 % tercapai, dan dengan melihat kondisi yang ada setelah melihat antusias masyarakat maka target yang ditentukan sagat optimis dapat terpenuhi,” ujarnya.

Salah seorang warga mengungkapkan, ia menilai apa yang di programkan oleh pemerintah berkaitan dengan pemenuhan air bersih di tengah-tengah masyarakat sangat baik, apalagi dengan biaya yang relatif murah dibandingkan dari pemasangan regular.

“Saya sebagai masyarakat pastinya sangat menyambut baik program tersebut guna membantu masyarakat yang memang belum terpenuhi kebutuhan air bersih dari PDAM, dan itu bertujuan diperuntukkan bagi mereka yang berpenghasilan rendah sehingga pemerataan pemenuhan air bersih diharapkan mampu terpenuhi kedepannya,” cetus Jati salah seorang warga sambil tersenyum saat dimintai tanggapan. (yhoz)