PNS Sanggau Diminta Jangan Banyak Menuntut

oleh
Foto: Sekda Saat Menyaksikan Penandatangan Berita Acara Sumpah Janji PNS. (JB)

Sanggau – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Al Lesyandri meminta Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk bekerja menjalankan tugas sesuai dengan sumpah janji jabatan, bukan banyak menuntut.

“Bupati marah itu, apalagi ada bahasa mau mengabdi didaerah sendiri, tapi waktu daftar PNS dulu memakai jatah Sanggau, tidak nyaman kami membuat formasi itu, tiba – tiba setelah jadi PNS minta pindah,” kata Sekda saat memberikan arahan usai melantik dan mengambil sumpah janji ¬†105 PNS yang dilaksanakan di Sekretariat Daerah Sanggau, Kamis (7/9) pagi. Oleh karenanya, Ia menegaskan jangan ada PNS yang mengusulkan pindah sebelum waktunya.

Ia mengakui saat ini Pemda kekurangan sekitar 3000 PNS. Belum lagi akan ada ribuan PNS yang akan pensiun tahun ini.

“Guru saja ada 1000 lebih yang akan pensiun, bagaimana mau moratorium. Mohon maaf guru juga banyak laporan, yang ngojeklah, yang dak masuk kantorlah, ngurus anak binilah, jujur saya, apalagi belum lama dilantik sudah minta pindah,” kesal Sekda.

Ia mengingatkan PNS bekerja profesional.

“Masih banyak masyarakat kita yang bercita – cita menjadi PNS, ¬†saudara yang dilantik hari ini harus bersyukur dengan cara menjalankan tugas secara profsional dan penuh tanggungjawab karena tidak semua orang bisa menjadi PNS,” katanya.

Ia juga meminta PNS mengusai tekhnologi sesuai tuntuan zaman dalam rangka menjawab kebijakan tentang PNS yang terus mengalami perubahan.

“Minimal mau belajarlah, bertahap saja dulu, sebab kalau tidak kita mulai sekarang kita akan terus ketinggalan,” katanya.

Sekda juga menegaskan kepada PNS bahwa jangan percaya jika ada oknum yang meminta uang untuk mengurus pindah.

“Tidak ada itu uang pindah, haram hukumnya, apalagi dari guru, kalau memang syaratnya sesuai aturan pasti kita proses dan tidak ada biaya, tapi kalau belum waktunya pindah pasti tidak saya loloskan,” tutur Sekda tegas. (Hery JB)