Banjir Putus Akses Jalan Batang Tarang

oleh
Foto: Salah satu warga saat melintasi genangan air di jalan Kecamatan Batang Tarang (JB)

Sanggau – Hujan yang melanda Kecamatan Batang Tarang, Sanggau, Kalimantan Barat dua minggu terakhir memutus akses jalan dari ibu kota Kecamatan menuju desa dan dusun setempat.

“Desa Kadus Hilir Dusun Hilir sudah terendam di depan rumah, Dusun Hulu juga sebagian sudah terendam di jalan, dan Dusun Sembatu beberapa lokasi rendah juga sudah kena, dan lapangan bola sudah terendam total,” kata Aliong, salah seorang tokoh masyarakat Batang Tarang kepada wartawan, Kamis (7/9).

Tidak hanya merendam akses jalan, sejumlah rumah warga juga sudah ada yang terendam, termasuk Sekolah Dasar (SD) 02 Batang Tarang.

“Hari ini tidak ada proses belajar mengajar, dan siswa kita pulangkan,” kata Aliong yang juga

Ketua Komite SD 02 Batang Tarang itu. Banjir juga merendam lapangan bola di desa tersebut. Akibatnya pertandingan bola PDKS Cup terpaksa ditunda hingga air surut.

“Cuaca pagi ini masih terlihat mendung, kalau tidak hujan sampai sore nanti kemungkinan air bakal surut,” ¬†ujarnya.

Ia berharap pemerintah melalui Dinas atau badan terkait segera melakukam normalisasi sungai dan perawatan aliran sungai sampai kemuara sungai kapuas. Mengingat selama ini hal itu belum pernah dilakukan oleh pemerintah.

“Sebenarnya normalisasi pernah dilakukan, itupun sudah lama, sekitar enam tahun yang lalu. Dan saya kira saat ini perlu dimaksimalkan lagi,” harapnya. (Hery JB)