Jembatan Cinta di Mappi

0
12
Tim ekspedisi NKRI Mappi dan tim survei saat melihat kondisi jembatan yang telah rusak di sungai Yuliana.(Ist)

MAPPI – Tim ekspedisi NKRI 2017 Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi membangun dua jembatan gantung di atas Sungai Yuliana, Kampung Haju, Mappi di awal bulan September 2017, dan diharapkan pembangunan jembatan tersebut selesai pada bulan Oktober 2017.

Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi Kapten Inf Pardol memaparkan dengan dibangunya dua jembatan gantung ini nantinya akan membantu memudahkan masyarakat Kampung Haju dan sekitarnya dalam beraktivitas sehari sehari, tentunya dengan aman.

Jembatan gantung sepanjang 60 meter dengan lebar 2 meter penghubung antara Kampung Yagatsu, Kampung Amagatsu, Kampung Okar, dan Kampung Acipin ini rencananya oleh tim ekspedisi akan diberi nama ‘Jembatan Cinta’.

Komandan Sub Kordinator Wilayah-2/Mappi ini menerangkan pemberian nama ‘Jembatan Cinta’ didasari dari proses pembangunan jembatan yang saling bergotong royong, bahu membahu dengan ikhlas antara tim ekspedisi NKRI Mappi dengan warga Kampung Haju Mappi dan sekitarnya.

”Karena cinta itu dibangun dengan perasaan dan bekerja sama,” imbuh Kapten Inf Pardol melalui pesan singkatnya, Minggu (3/9/17).

Ditambahkan Kapten Pardol, jembatan gantung ini bukan proyek pemerintah daerah dan pusat, tetapi merupakan proyek hasil swadaya masyarakat sendiri.

Masyarakat Kampung Haju Mappi terlihat saling kerjasama dan selalu berkoordinasi dari mulai tim survei datang hingga awal sekaligus proses pembangunan jembatan gantung.

Terkadang tanpa menggunakan arat berat, warga Kampung Haju bersama tim ekspedisi mengangkat dan mengatur bahan bahan kerangka jembatan gantung yang mempunyai hitungan berat ber ton ton.

Terik matahari, haus dan tetesan peluh tidak dirasa oleh mereka, dengan semangatnya mereka terus bekerja. Sesekali pula mereka harus turun ke sungai yang cukup dalam dan sesekali pula mereka membantu mencangkul dan membersihkan lokasi pembuatan jembatan gantung. Namun demikian, di dalam mereka bekerja, mereka menyempatkan diri bercakap dan saling guyon antara tim ekspedisi dan warga Kampung Haju Mappi, pandangan keakraban dan persaudaraanpun terpapar di bibir Sungai Yuliana. (Channel-Indonesia.com)

LEAVE A REPLY