Keindahan Tersembunyi Air Pauh Sukadana

0
43

KAYONG UTARA – Di Kabupaten Kayong Utara (KKU) memiliki banyak tempat wisata menariik. Sehingga tidak salah jika Kabupaten baru ini menjadi magnet baru bagi para wisatawan, baik lokal maupun nasional, untuk sekedar mengabadikan gambar atau berlibur bersama keluarga.

Selain Pantai Pulau Datok yang menjadi pusat perhelatan Sail Selat Karimata 2016 lalu, tempat lain seperti Pasir Mayang, Hutan Mangrove dan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP) juga sering dikunjungi.

Kemudian, yang tak pernah ketinggalan dikunjungi adalah wisata pemandian Air Pauh di Desa Sutera, Kecamatan Sukadana, KKU, yang biasanya dikunjungi wisatawan untuk membilas badan usai mandi di pantai pulau datok.

Tak hanya pada saat libur sekolah atau perayaan hari besar, di akhir pekan, pemandian Air Pauh juga menjadi salah satu tujuan wisata bagi para pengunjung yang sengaja datang ke Sukadana hanya untuk berwisata dan mandi bersama keluarga di aliran air gunung yang berbatu ini.

Selain itu, dinginnya hawa pegunungan juga menjadi daya tarik tersendiri, dengan diperkuat rimbunnya pepohonan yang cukup terjaga di sepanjang aliran sungai.

Salah satu pengunjung dari Kota Pontianak, Ferri Sumantri sengaja datang bersama keluarga untuk mandi di lokasi wisata ini, sambil membersihkan badan usai mandi di Pantai Pulau Datok dan berkeliling Kota Sukadana.

“Saya ke sini dalam rangka liburan bersama keluarga, dan selalu pergi ke Air paoh untuk membersihkan badan dan berfoto bersama, karena airnya cukup bersih dan di dukung oleh hawa pegunungan yang menuru saya cukup menyegarkan,” ungkapnya usai menikmati pemandian air paoh.

Ferri juga mengatakan, lokasi ini cukup bagus untuk di eksplore sebagai objek foto, sambil menyegarkan badan dan menenangkan fikiran di sela pekerjaan.

“Tempatnya bagus, airnya juga bersih, Apalagi air dari kaki gunung, yang menurut saya bisa membantu menenangkan fikiran di sela pekerjaan, dan bisa juga di jadikan lokasi hunting foto bagi yang hobi seperti saya,” ujarnya.

Terhadap fasilitas di tempat itu, Ferri berharap agar ada penambahan fasilitas dan promosi yang memadai, dengan tujuan untuk kenyamanan para pengunjung. Sehingga tak hanya Pantai pulau Datok saja yang terkenal, melainkan Air Pauh juga demikian.

“Sejauh ini, saya lihat fasilitasnya kurang memadai, dan memang kurang dikelola dengan baik oleh pemerintah. Bahkan promosi wisata lokasi juga tidak ada, padahal temapatnya bagus, bisa jadi tujuan wisata di akhir pekan,” tutupnya.

Tak hanya orang dewasa, lokasi ini juga kerap menjadi tujuan bermain bagi anak-anak setempat, dengan membawa kamera untuk mandi dan berfoto sambil di dampingi orang tua mereka. (Rossi Yulizar)

LEAVE A REPLY