Antisipasi DBD, Fogging Harus Dilakukan Secara Berkala

0
40
Ilustrasi - Waspada DBD

PONTIANAK –  Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah di sekolah-sekolah dan rumah, Pemerintah Kota Pontianak diminta untuk melakukan fogging (pengasapan) secara berkala.

“Kita minta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pontianak, lakukan fogging secara berkala,” ungkap Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Satarudin kepada wartawan, Rabu (19/7/17).

Menurut Satarudin, adanya trend penyebaran demam berdarah di sekolah-sekolah, tentu membuat orang tua khawatir. Apalagi nyamuk Aides Aigepty bisa berada di mana saja.

“Tak hanya di sekolah tapi bisa juga di rumah. Sehingga, yang penting adalah menjaga kebersihan lingkungan di mana aktivitas kerap dilakukan,” tegasnya.

Apalagi saat ini sudah masuk tahun ajaran baru. Ada anak dengan berbagai macam kondisi yang masuk ke lingkungan baru. Untuk itu, Satarudin  berharap sekolah turut melakukan ajakan hidup bersih dan sehat pada para siswa.

“Sekolah harus menyediakan ruang kelas yang bersih dan lingkungan yang terhindar dari tempat kembang biak nyamuk,” pintanya.

Bakal calon Wali Kota Pontianak ini juga meminta Unit Kesehatan Sekolah (UKS) bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Mesti ada petugas khusus yang ditempatkan dan memang terampil untuk urusan perawatan dan kesehatan lingkungan.

Selain itu, pola 3M harus diterapkan, baik oleh sekolah, juga para orang tua di rumah.

“Intinya sama-sama menjaga, karena Kota Pontianak ini memang endemis demam berdarah,” pungkasnya. (Riski Yuniar)

LEAVE A REPLY