Legislator Melawi Menilai PT RKA Kangkangi Pemerintah

0
46

MELAWI- Kisruh antara masyarakat pemilik lahan dengan pihak perusahaan perkebunan PT Rafi Kamajayaya Abadi (RKA) terus berlanjut.

Ketua Komisi C DPRD Melawi, Malin menilai PT RKA telah mengangkangi Pemerintah Kabupaten Melawi. Pasalnya, pihak perusahaan tersebut dinilai dengan sengaja mengabaikan surat Pemkab Melawi. Serta masyarakat pemilik lahan juga dibohongi manajemen PT RKA.

“Perusahaan yang notabenenya belum pernah memenuhi kewajibannya terhadap masyarakat yang katanya sudah beralih kepemilikan. Hal ini tentu membuat masyarakat lebih ketakutan lagi. Take over itu hanyalah akal – akalan perusahaan untuk lari dari kewajibannya setelah habis mengeruk kekayaan alam masyarakat,” kata dia kepada Akcayanews, Senin (15/5/27).

Kata dia, Dinas Pangan dan Perkebunan(Dispenbun) Melawi tertanggal 20 Maret 2017, telah menyurati PT RKA agar menyampaikan laporan realisasi perkembangan penyelesaian permasalahan PT RKA.

“Selaku Ketua Komisi C DPRD Melawi sangat mendukung langkah pemerintah daerah Melawi bila perlu cabut saja izin PT RKA itu karena tidak serius dalam melaksanakan kegiatan usaha yang telah mendapatkan izin,” tegas dia.

Pemerintah daerah, kata dia, harus juga tegas meminta laporan sosialisasi pembagian plasma berdasarkan zona dan laporan pembagian kebun plasma serta laporan hasil penyesuaian HGU serta laporan hasil produksi tandan buah segar. (R.O.Manalu)

LEAVE A REPLY